uukepalangmerahan

Gerakan Sukarelawan PMI: UU Kepalangmerahan


Gerakan Sukarelawan PMI

#SavePMI  #UUKepalangmerahan

uukepalangmerahan

  1. Kepres RIS tahun 1950 menyatakan mandat presiden Soekarno untuk membuat badan sosial kemanusiaan nasional yang kemudian disebut Palang Merah Indonesia (PMI).
  2. Dengan diratifikasinya Konvensi Jenewa oleh Indonesia maka berarti Indonesia ikut dalam perhelatan internasional di lembaga kepalangmerahan yang berinduk pada ICRC, di Jenewa Swiss.
  3. Dalam prinsip gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional yang ke-6 yaitu “Kesatuan” memiliki makna bahwa dalam satu Negara hanya berlaku satu lambang palang merah atau bulan sabit merah.
  4. Point utama dari RUU lambang yang menjelaskan fungsi lambang sebagai tanda pengenal dan tanda pelindung serta pelarangan penggunaan fungsi lambang secara tidak tepat yang bertentangan dengan 7 prinsip gerakan dasar palang merah dan bulan sabit merah Internasional.
  5. Draft RUU lambang yang sudah berproses sebelumnya bertitik berat pada pemberlakuan satu Negara satu lambang, larangan penggunaan lambang secara tidak tepat, porsi tugas-wewenang dan tanggung jawab PMI di Indonesia serta mekanisme koordinasi PMI dengan lembaga sosial kemanusiaan lainnya maupun bencana alam dari dalam negeri/luar negeri.
  6. Draft RUU lambang berkembang menjadi RUU Kepalangmerahan dikarenakan adanya penambahan point utama yang berisi perlindungan dari Negara dan komponennya kepada setiap petugas palang merah yang menjalani tugas-tugas kemanusiaan.
  7. Dengan pengajuan kepada Badan Legislatif DPR RI tentang RUU lambang palang merah yang selanjutnya berubah menjadi RUU Kepalangmerahan, salah satunya memiliki makna pemberlakuan secara resmi oleh Negara Republik Indonesia bahwa lambang yang dipergunakan/dipakai adalah lambang palang merah.

Share your story with us

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s