saya di Kedai Riphy

Belajar Cat Air di Kedai Riphy


Selain sebagai tempat kongkow yang asyik, Kedai Riphy juga mengemban sebuah misi. Misi tersebut diwujudkan dengan jargonnya Coffee, Art and Friendship. Yap! Di sini kita bisa menikmati kopi enak dari bermacam daerah, berkesenian, serta nambah teman.

Nah, kemarin sore, 28 Juni 2014, Kedai Riphy  mengadakan kegiatan belajar bareng Lukis Cat Air. Ide kegiatan ini tercetus saat para Sahabat Riphy sedang bercengkerama sembari menonton video tutorial dari Alvaro dan Zbukvik. Dedengkotnya mas Hendra dan mas Erick.

Pukul 16.35 WIB saya masih nangkring di Angkringan Kang Harjo Wijilan. Tanpa dinyana ada sebuah pesan masuk dari Upie, “Cuy ayo gambar bareng ning Kedai….Saiki…:)”  Seketika aku teringat bahwa hari ini ada latihan cat airan bareng di Kedai Riphy. Baru juga 5 menit balesin eh di sms lagi “Gageannnnnn (cepetan) hihii..” Saya pun cabut  dari Wijilan.

Di perjalanan saya mampir dulu ke rumah mas Oka. Dari kemarin sudah janjian untuk ambil barang titipan. Kebetulan pas sampai rumah, dia juga baru saja sampai. Transaksi pun berlangsung.

Dari Langenastran mengitari Alun-alun Selatan Kota Yogyakarta dan terus menuju Bugisan. Kedai rempong ini tepat di depan SMSR, SMKI, SMM jadi mudah di cari. Sampai sana ternyata sudah pada datang. Ada beberapa teman yang sedang ngopi, ada yang nonton video tutorial, ada juga yang lagi asyik masak (kalau ini sih yang empunya kedai). Di kerumunan itu ada satu bule dari Yunani teman mas Hendra yang ikutan nongkrong.

Setelah ngobrol-ngobrol, sholat maghrib, mulailah pada saling tunjuk buat nentuin mau gambar apa. Akhirnya atas otak-atik saya, kami pun menggambar Tugu Jogja. Berhubung saya sangat jarang sekali bersentuhan dengan cat air, jurus pun keluar. Dapat kertas dari mas Hendra, sita kuas dar mas Erick, ngabis-ngabisin cat tinggalan Mabel, temen dari Singapura.

Jujur untuk bermain dengan cat air saya kurang paham. Kebanyakan air lah, bikin dasar warna salah campuran, kertas bradus dll. Sebentar-sebentar tanya ini itu. Tapi untung lahSahabat Riphy itu orangnya asyik-asyik, murah ilmu pula. Dan teret karya pertama pun jadi!

Tugu Jogja

Dari percobaan pertama ini sedikit-sedikit tahu tentang karakter kertasnya. Kekuatan pigmennya juga. Dikasih tahu juga tip-tip ngakalinnya sama teman-teman. Sembari nglukis tidak lupa nih di meja ada Kopi Pekalongan. Ini menu baru di Kedai Riphy.

Tidak puas mencoba sekali, saya pun ambil kertas lagi. Kali ini obyek yang saya lukis adalah foto yang saya ambil dari Papuma. Sedikit narsis lah dengan karya sendiri.

Berbekal pengalaman dari karya pertama saya mulai sedikit-sedikit mempraktekkan saran dari rekan-rekan. Selesai mem-block warna dasar saya pun memulai merangkai warna-warna awan. Saat saya mulai merambah ke gampar perahu tiba-tiba kaki saya agak gemetaran. Yap, 3 perahu itu adalah obyek utama di lukisan saya.

Pelan-pelan sekali saya mengerjakan 3 perahu tersebut. Kering timpa, kering timpa. Sudah beberapa saat lah kok gemetarannya tidak hilang-hilang.  Saya pun beristirahat dulu sembari nunggu kering lagi. Akhirnya setelah perjuangan hebat, karya kedua selesai lah sudah.

Jreng-jreng!!!
papuma cat air

Dengan selesainya karya kedua saya pun menyerah malam ini. Waktu juga sudah menunjukkan pukul 00.25 WIB.  Sayonara!!!

10 thoughts on “Belajar Cat Air di Kedai Riphy”

  1. Lukisan cat airmu bagus-bagus Kang. Padahal seringnya dirimu nggambar sketsa ya?

    Eh, berarti itu lokasi kedai Riphy ada di Jl. PG Madukismo yang tembusnya Ringroad Selatan itu ya?

  2. Bagus mas….wah sudah lama sekali sy tidak melukis….dl wkt SMP senang sekali melukis pkai cat air, maklum ada pelajaran itu dan kbtulan kakak sy hobby melukis yg lukisan mnrt sy bagus….jg prnh bbrp kali menang lomba yg hadiahnya alat2 lukis….jd ya sy tgl pkai…hihi nunut….

Share your story with us

