Voyage

Menyambut Pagi di Pantai Papuma

Sekelilingku gelap gulita saat aku membuka mata. Aku terbangun ketika laju ELF biru yang ku naiki terus berguncang. Sepertinya jalanan mulai tidak bersahabat. Aku melongok ke arah luar, ada sedikit bayangan pepohonan terkena sorot lampu mobil. Duh, dimana nih?

Mas, ini dimana?” tanyaku kepada sopir Elf.
Sebentar lagi sudah sampai tujuan kok mas. Di depan itu gerbang loketnya.” kata sopir itu memberikan penjelasan.

Aku baru ingat. Malam ini aku dan para peserta HOLADIOS travel menempuh perjalanan puluhan kilometer dari Pantai Bajulmati untuk sampai ke tempat ini. Tempat yang kami dengar dan baca sangat indah. Pantai Papuma.

Tak berapa lama kami sampai di loket. Keren ya, jam segini masih buka tuh loket. Aku melirik jam tangan ku. Baru jam 3.30 pagi.  Setelah membayar tiket 14.000 per orang plus 6 ribu parkir mobil kami lanjutkan perjalanan. Ternyata dari gerbang sampai pantai masih lumayan jauh. Jalanan juga mulai rusak serta curam.

Sekilas pandang di remang-remang cahaya lampu, aku menilai pantai ini sudah lumayan tertata. Jalan conblock, warung-warung berjejer rapi, toilet umum, masjid, serta ada camp ground.  Yang terakhir adalah tujuan kami.

Sampai di camp ground kami para lelaki mendirikan 2 tenda.  Sedangkan yang perempuan pada sibuk cari toilet dan ibadah. Ternyata jam 5 pagi belum ada toilet yang buka. Dikunci semua. Bahkan yang ada di masjid.  Untung ada Igar the McGyver yang entah dengan jurus apa bisa membuka toilet di masjid. Terselamatkanlah dunia.

Begitu tenda selesai, Akmal cowok paling gokil langsung nyungsep. Aku menyiapkan kamera hasil ngrampok teman di Depok siap-siap motret sunrise.

Sudah keren-keren masang tripod, eh ternyata si mentari merah ga muncul.  Akhirnya mainan beberapa jepretan. hehehe masih belajar sih jadinya ya.

Sekitar jam 6 ada secercah cahaya keemasan. Meski Matahari sudah lumayan tinggi, namun sinar keemasannya memberi effect keren. motret beberapa. Ada 2 yang amazing ketika ku masukin ke HDR.

ini salah satunya…. Kuberi judul VOYAGEVoyageKemudian kami melanjutkan jalan-jalan. Tapi view kapal-kapal yang menanti sang fajar diterpa gelombang masih membuatku terpukau.

Kami menuju batu-batu karang yang menjulang. Konon pemandangan itu adalah khasnya Papuma. Pada berebutan dulu-duluan.  Ah saya mah sebagai juru jepret belakangan saja. Nanti juga kalau mereka butuh foto-foto tetap menunggu saya ^_^v

walk to Papuma

Nah ini ada gerombolan VNV dari Jakarta yang narsuisnya polllll. Dari awal perjalanan bikin rumpek mulu ahaha. Tapi sebagai tukang poto keliling yang baik… kasih dah…

VNV in PApuma

Setelah itu kami sempatkan mendaki beberapa gardu pandang yang ada. View dari sana heboh juga. menikmati Papuma dari ketinggian. Perjuangan kami 6 jam di dalam ELF terbayar pokoknya.

papuma stone

Di salah satu gardu pandang ternyata ada kucing lucu nyaaaaaaa :3 Kucingnya lengket banget ma aku ma Fifi. Tiap mau di potret langgsung lari ndeketin kameranya. aaaaaaaa.

Setelah puas jalan-jalan kami pun bersiap-siap berangkat ke tujuan berikutnya. Antara Bromo atau Baluran.

Sebagai penutup, satu sketsaku di Papuma.sketsa papuma

31 thoughts on “Menyambut Pagi di Pantai Papuma”

1. Saya sempat harus googling dulu untuk nyari tahu di mana itu Papuma berada. Bagus juga Jember punya tempat rekreasi yang indah macam ini. Semoga ke depannya banyak fasilitas pendukung.

2. Hmmm buat yang agak awam geografi.. jadi menebak2 niih dimana pantai cantik ini… bs tambahin infonya mas, spy kebayang gmn bs smp ke sana klo dr kota lain hehehe, saya nebaknya dr yang comment nih…ternyata di Jember, ada pantai secantik itu ya.
    potonya keren *mupengberat*

Share your story with us