Jogja Heritage : Bercerita Jogja dengan Cat Air


Ada yang berbeda dalam keramaian Nol Km Yogyakarta, Minggu 20 April 2014. Jika biasanya yang berkerumun di sana adalah anak-anak muda yang asik foto-foto selfie, kali ini berganti para seniman dari muda sampai tua.  Ada apakah?
Jogja Heritage 7

Ternyata nih, hari ini ada event “JOGJA HERITAGE“.  Acara ini di selenggarakan oleh Komunitas Lukis Cat Air (KOLCAI) chapter Jogja. Tujuannya adalah untuk menceritakan Jogja ke masyarakat dunia melalui ikon-ikon budayanya. 

Walaupun temanya budaya Jogja, tapi pesertanya datang dari berbagai pelosok nusantara lho. Ada yang dari Surabaya, Jakarta, Bali, Bengkulu, dan beberapa kota di luar Jawa.Jogja Heritage

Kegiatan ini dikemas dalam wujud melukis cat air di alam terbuka atau biasa disebut”PLEIN AIR“.   “Karena kita bisanya corat-coret makanya memilih media lukisan cat air untuk menceritakan, menampilkan, menceritakan Jogja,” kata mbak Idho salah seorang panitia.

Jogja Heritage 2

Kawasan Nol Km dipilih karena lokasi ini selain memiliki banyak obyek yang bisa dipotret juga strategis. Terkenal, akses menuju lokasi ini mudah, dan lokasinya asik untuk nongkrong berlama-lama. Sebenarnya tidak dibatasi di satu spot, boleh jika peserta ingin mengambil beberapa spot lain. Namun karena sudah posisi “wuenak” serta sudah asyik dengan lokasinya masing-masing, tidak banyak yang beranjak dari Nol km.Jogja Heritage 3

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 10 pagi hingga sore hari ini juga diikuti oleh beberapa perupa senior seperti Pakdhe Yoes, Eyang Taufik Kamajaya, juga Pak Eddy Dewa. Hal ini dijadikan ajang rekan-rekan perupa muda untuk belajar dan minta arahan.JOgja Heritage 4

Untuk mengakomodir hal tersebut, diakhir acara diadakan kumpul dan sharing bareng di pelataran Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Kesempatan buat kenalan juga. Apalagi buat yang cowok-cowok Jomblo, soale ada beberapa peserta yang caem.
Jogja Heritage 8
Jogja Heritage 6
Nantinya beberapa hasil PLEIN Air akan dipamerkan  di bulan MEI bersamaan dengan pameran lukis 7 Bidadari yang diadakan malam harinya. 

Jogja Heritage 5

Goreskan cat air mu kawan….. Salam KOLCAI Jogja

 

4 thoughts on “Jogja Heritage : Bercerita Jogja dengan Cat Air”

  1. disamping jogya memang menarik sebagai kota wisata….juga ada misi yg penting membudayakan media cat air u/ menjadi icon pilihan dalam berkarya sebanding imbang dengan media lain seperti cat minyak dan acrylic….sebentar lagi akan ada even2 serupa di chapter2 lain di seluruh indonesia…misalnya BALI……KITA SEDANG MEMPERSIAPKANNYA….SALAM BUDAYA …KOLCAI KOMUNITAS CAT AIR INDONESIA…..

Share your story with us

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s