SS#40 Museum Sonobudoyo

Sketsa di Sonobudoyo


Indonesia’s Sketchers (IS) Jogja memiliki agenda rutin bertajuk Sketching and Sharing (SS). Di acara ini teman-teman diajak untuk membuat sketsa di suatu tempat dan diminta untuk sharing tentang hasil sketsanya. Bulan Maret lalu SS sudah terlaksana sebanyak 40 kali.

Pada SS yang ke 40, 9 Maret 2014, IS Jogja mengajak rekan-rekan untuk menangkap momen-momen dan keindahan yang terdapat di Museum Sonobudoyo. Museum terletak di sebelah utara Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta. Di dalamnya banyak artefak peninggalan sejarah dan kebudayaan Jawa-Bali.

Pagi itu saya datang pertama, sekitar pukul 10.00 WIB. Berhubung masih sendirian saya bertanya-tanya dulu ke petugas jaga di depan. Tak lama berselang mas Rendy datang disusul oleh rekan-rekan lain. Banyak wajah yang asing bagi saya.  Maklum saya baru beberapa kali bergabung. 

Setelah mengisi buku tamu dan membayar tiket (Rp. 3000,00), satu persatu kami masuk. Saya sempat ditawari pemandu oleh siswi-siswi SMK yang sedang praktek di sana. Dengan sopan saya tolak karena saya terhitung sudah sering berkunjung. Saya pun melanjutkan berkeliling mencari spot yang menarik hati.

Pilihan pertama saya jatuh pada topeng figur manusia. Dengan pena saya gores sketsa figur lucu yang agak menggelitik.

Topeng Figur Lucu
Topeng Figur Lucu

Setelah berkeliling saya menemukan sebuah relief berjudul “Juru Gending”. Relief ini menampilkan 3 musisi yang sedang memainkan alat musik tradisional, gendang dan kemanak.

Juru Gending
Juru Gending

Kali saya sudah kembali berada di area luar museum. Ada satu bangunan yang menarik perhatian saya. Bangunan itu adalah “Pondok Wayang”. Pada musim ramai, bangunan ini digunakan untuk menampilkan cara pembuatan wayang.

Pondok Wayang
Pondok Wayang

Karena saya melakukan sketsa cepat, walau sudah dapat 3 obyek masih banyak rekan yang masih mensketsa di beberapa lokasi.  Sambil duduk-duduk saya mensketsa sebuah pohon di area itu. Pohon ini bukan pohon biasa, namanya Pohon Kepel. Konon pohon ini buahnya adalah favorit SSHB IX, Sultan Jogja yang lalu.Pohon Kepel di Museum Sonobudoyo

Setelah semua karya selesai, kami berkumpul di sebuah buanglow di sebelah timur museum. Kami berbagi karya dan kisah seputar karya tersebut. Dari ke-4 sketsa saya, hanya 3 yang ditampilkan. Sketsa pohon Kepel tidak saya share karena tidak match dengan tema museum.

Pukul 13.00 WIB kami sepakat untuk meninggalkan lokasi. Sebelum pergi tak lupa kami berfoto bersama dulu untuk dokumentasi.

SS#40 Museum Sonobudoyo
SS#40 Museum Sonobudoyo

Sampai jumpa di Sketching and Sharing #41 di Klenteng Kranggan 13 April 2014 ^_^v

 

 

2 thoughts on “Sketsa di Sonobudoyo”

Share your story with us

