DSC_0000043

Gandum Rebus : Pengganjal Perut Kala Dini Hari


Krucuk krucuk krucuk krucuk…

Duh, jam segini kok ya perutnya protes. Mana hujan lagi. Saya jalan ke sana kemari mencari sesuatu yang eatable. Tapi naas, persediaan mie instant, bubur instant, sudah ludes. Wataw!!! Bisa tidur dengan perut melilit ini.

Pergi ke dapur cuma nemu bumbu dapur, ubi, sama gandum sisa kegiatan kemarin. Kalau mau masak ubinya, anak-anak suka banget bikin ubi goreng tepung. Gandum.. Kalau dibuat gorengan tidak mengenyangkan. Direbus aja apa yah. 

Saya pun mengambil 2 siung bawang putih, 1 siung bawang merah dan garam secukupnya. Ulek sampai halus kemudian saya campur air matang. Pelan-pelan gandumnya saya campurkan sedikit-demi sedikit hingga adonan mengental. Kurang lebih sekental kalau bikin sponge cake lah cuma minus telur dan gula.  Bisa juga lebih kental nanti pengaruhnya pada tekstur. Jika  terlalu kental dan terlalu lama merebus jadi keras dan bantat.

Adonan udah jadi, air sudah mendidih, saatnya masukin adonan. Saya sengaja takar kecil-kecil (satu sendok makan adonan) agar cepat matang. hehehe maklum udah lapar. Sekali masak sekitar 4 menit sudah matang.

Berhubung pada saat masak lupa tidak difoto, saya kasih foto sudah jadinya saja ya.  Disajikannya bisa pake kuah manis, kuah kaldu, kuah kacang, atau seperti saya pakai sambel balado yang diencerkan.
DSC_0000043

Karena jam-jam nanggung menuju Shubuh, sekalian aja bikin kopi panas. Kopinya pun diutak-atik sendiri. Saya nge-mix kopi Lampung, kopi Toraja, kopi Bali plus sesendok gula.

DSC_0000044Hasilnya…

DSC_0000045Selamat menikmati…. Selamat ngiler juga boleh…😀

21 thoughts on “Gandum Rebus : Pengganjal Perut Kala Dini Hari”

  1. wah, setau saya sih gandum itu kan seperti butiran2 gitu, ko bisa ya jadi warnanya putih, maap kudet nih.. terakhir makan gandum itu kira2 36 tahun yang lau, *Ops* ketahuan emak2 abegeh :))

  2. Kayaknya enakkk…tp buburrr…aku klo mkn bubur suka merinding semua…jd klo terpaksa makan bubur pasti sambil garuk pipi ma kepala…rrrrr…mupeng sambelnya sj wis…mak yosss kyknya…

  3. ini bahan dasar bubur sum-sum maaas😀
    tinggal nambah biji salak atau gula merah, jadi deh bubur sum-sum🙂

Share your story with us

