#RMM : Perda Gepeng di Mata Masyarakat


Sekali lagi Pemerintah Daerah Istimewa Yogayakarta melahirkan peraturan daerah (Perda) baru. Kali ini Perda tersebut membahas mengenai penanganan gelandangan dan pengemis. Ada beberapa tujuan yang melatarbelakangi pembuatan Perda. Pertama, pemerintah ingin menjamin dan memajukan kesejahteraan setiap warganya. Kedua, memberikan kepastian hukum terkait penanganan gelandangan pengemis. Ketiga, menindaklanjuti PP No 31 Tahun 1980 tentang penanganan gelandangan dan pengemis.tumblr_static_logo_blog

Pada akhir Bulan Februari, Save Street Child Jogja diajak berdiskusi oleh Kaukus Perda Gelandangan dan Pengemis. Ketika kami diajak bergabung, Perda sudah menjajaki tahap paripurna. Ketika diskusi berjalan kami mengetahui bahwa pembuatan Perda ini minim partisipasi dari warga atau komunitas terkait.

Jika kita membaca pasal-pasal dalam Perda ini ada beberapa kejanggalan yang ditemui. Pada pasal 1 misal, terdapat upaya yang sifatnya koersif dalam upaya melindungi dan memberdayakan gelandangan dan pengemis. Koersif bersifat memaksa, apakah hal tersebut tidak bertolak belakang dari semangat pembuatan Perda ini? Hal tersebut juga bertentangan dengan pasal 2 mengenai asas yang salah satunya adalah non kekerasan.

Dengan adanyanya Perda ini, beberapa organisasi juga dikhawatirkan akan dipidana atau “mati”. Pasal 22 misal, setiap orang/lembaga/badan hukum dilarang memberi uang dan/atau barang dalam bentuk apapun kepada gelandangan dan pengemis di tempat umum. Pasal tersebut menimbulkan keambiguitasan mengenai pemberian di ruang umum.

Kita bisa membayangkan lembaga-lembaga zakat misal akan memberikan bantuan kepada orang yang notabene tidak memiliki rumah dan tinggal di jalan. Atau mungkin pasal tersebut tidak bisa ditafsirkan sedangkal itu.

Menanggapi hal tersebut Save Street Child Jogja (@SSChildJogja) mengadakan diskusi lesehan bertajuk Rumpi Minggu Malam (#RMM) dengan tema “Perda Penanganan Gelandangan dan Pengemis di Mata Masyarakat.” Tujuannya adalah untuk mensosialisasikan, melihat dampak serta kelayakan penerapan perda ini di dunia nyata.


Nah #RMM ini akan diadakan besok Minggu, 30 Maret 2014 pukul  18.30 WIB di de Soewarno Homestay Jl. Parangtritis km 4,5 Yogyakarta. Acara ini free alias 100% GRATIS  buat kamu sekalian. Karena memang targetnya masyarakat luas dapat turut berperan serta.

Acara ini akan menghadirkan beberapa komunitas yang concern dalam pendampingan anak jalanan, akademisi serta seniman. Dimeriahkan pula oleh penampilan beberapa anak jalanan serta Special Performance by SASTRO MOENI.

sastro

 

Well then guys… Kami tunggu kehadiran kalian. We love we care we Save Street Child.

13 thoughts on “#RMM : Perda Gepeng di Mata Masyarakat”

  1. Maaf mau kak menginformasikan lagi, bahwa saya mewakili Save street child jogja mau mengajak teman2 utk ikut berdiskusi tentang perda gepeng. Acara akan dilaksanakan pd hari sabtu, tgl 27 Des 2014. Pukul 13.00 WIB – selesai. Tempatnya nanti di taman kuliner condong catur ya.
    Atau kalo mau info lengkap segera hubungi CP di twitter kami @sschildjogja
    Terima kasih

  2. Hai Kak Eruvida, saya dari Jingga Radio (radio komunitas STMM MMTC Jogja) tertarik untuk berdiskusi tentang Perda Penanganan Gepeng ini dengan SSC. Apakah saya bisa meminta cp Kak Eruvida? Terima kasih🙂

    1. untuk diskusi tentang PERDA ini bisa menghubungi rekan2 Save Street CHild Jogja saja ^_^ mereka yang lebih konsen dalam memantau perkembangannya

      +6289631203833 (Sekar)
      +6285640453486 (Neza)

      twitternya @SSChildJogja

  3. kalau perda yang menyejah terakan anak jalanan mereka di tangkap di bina disalurkan kerja itu melindungi. para elit jogja kalian seolah menutup mata gua sering kali tak ada penangana serius kalangan jogja cuma kalian ingin menyingkirkan anak jalanan bukan memyejahterakan pakai otak bukan otak buat korupsi saja para elit jogja semuanya fikir 2

Share your story with us

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s