narsis dulu

Jogja Beach Adventure #2 : Kukup

Yak setelah sebelumnya mengawali perjalanan dari pantai yang lumayan tersembunyi Wedi Ombo, kita beralih ke sebuah pantai legendaris masih di seputar Gunung Kidul. KUKUP. Bagi kalian pecinta pantai pasti sudah tidak asing lagi karena pantai ini termasuk area pantai yang pertama-tama tenar bersamaan dengan Baron dan Krakal.

Pantai Kukup

Sebelum berangkat cek perkap dulu. Ban, bensin, p3k, bekal, ponco, rem. Setelah cek dan ricek ternyata bensin tidak mencukupi untuk perjalanan jauh, isi dulu deh. Cuzzz ke pom bensin Semaki di sebelah barat Favehotel Kusumanegara. Sudah full tank! Here we go! Dari Jalan Kusumanegara kami memacu sepeda motor ke timur menuju Jalan Wonosari. Pagi itu mendung masih menggelayut walau hujan turun semalaman. Laju sepeda motor yang lumayan kencang ditambah sedikit kabut serta angin lembab membuat tubuh sedikit menggigil. Well, petualangan tetap harus berlanjut.

Satu setengah jam berkendara sampailah di pusat Kota Wonosari. Dari sana kita belok kanan menuju arah Pantai Baron. Tenang saja tidak usah takut tersesat. Jalan menuju Pantai Kukup termasuk jalan besar dan banyak petunjuk arahnya. Ikuti saja pang-plang penunjuk jalan dipastikan sekitar 45 menit sampai 1 jam kalian sudah sampai di Pantai Kukup. 2-3 km sebelum memasuki area pantai kalian akan menemui loket retribusi. Cukup membayar Rp. 4.000,00 kalian akan mendapatkan tiket masuk untuk kurang lebih 8 pantai yaitu ; Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulang Sawal (Indrayanti), dan Poktunggal. Sebenarnya di tiket hanya tertera 6 pantai, namun Pulang Sawal dan Poktunggal berada di kawasan tersebut tanpa pos retribusi lagi.

Jika kalian sudah menemui beberapa home stay, penginapan serta hotel maka dipastikan pantai sudah dekat. Meski tidak semegah kebanyakan hotel di Yogyakarta, namun home stay dan penginapan di sini tetap memberikan layanan yang oke punya. Tak ada salahnya, jika rekan-rekan ingin mengadakan event bisa bermalam di sini. Eksklusif, alami, dan bisa menikmati sunrise serta sunset.

Pas di pertigaan Baron, silahkan ambil arah ke kiri. Pantai Kukup terletak kurang lebih 1 km sebelah timur dari Pantai Baron. Di bandingkan dengan beberapa pantai di sekitarnya, area parkir dan pedagang di Kukup boleh dibilang lebih luas dan rapi. Pada beberapa bagian juga nampak rumput menghijau. Hmmmm jadi tidak sabar menikmati pantai yang katanya tak kalah dengan di Bali.narsis dulu

Cari parkir yang teduh, ganti baju, and the adventure mode is turned on. Pantai Kukup seperti kebanyakan pantai di Gunung Kidul memiliki pasir putih lembut dikelilingi tebing-tebing karang. Berbeda dengan Jogja Beach Adventure #1 Wedi Ombo yang masih minim fasilitas, di sini tempat untuk nongkrong banyak banget. Ada gazebo-gazebo yang dibangun untuk memanjakan pengunjung. Yang paling favorit jelas gazebo di Pulau Jumino. Pulau Jumino ini merupakan pulau karang yang berada di sisi timur pantai. Mirip dengan Tanah Lot di Bali. Pulau ini dihubungkan sebuah jembaatan agar memudahkan wisatawan pergi ke sana.

Pulau Jumino

Dari Pulau Jumino para petualang dapat melihat beberapa gazebo yang terletak di karang dan bukit-bukit sekitar Kukup. yang menarik perhatian kami adalah gazebo yang berada di atas batu karang besar.  Lagi-lagi naluri ngebolang muncul.Kami pun memutuskan ke sana (area yang dilingkari merah).

gazebo

Mungkin karena lokasinya yang agak jauh di barat, orang yang berkunjung ke sini tidak begitu banyak. Jalan menuju gazebo ini pun tergolong kurang baik. Hanya jalan setapak yang sedikit dipenuhi belukar. Namun pemandangan di sini tak kalah dari Pulau Jumino. Selain itu juga lebih tenang dan romantis. Antena petualang saya kembali berderik ketika melihat ke arah barat. Ada gazebo lain di ujung karang. Let’s go guys!!!

Kembali menyusuri jalan setapak, sedikit naik kemudian jalan mulai menurun. Kami sempat menenumkan sebuah rumah yang sedikit terbengkalai di tengah jalan. Ingin ke sana untuk melihat-lihat, namun kami urungkan. Jalan turun ke bawah yang kami pilih. Deburan ombak mulai terdengar. Hmmm kami makin dekat dengan laut. Ada persimpangan kecil yang landai dan lumayan luas untuk 2-3 tenda recommended bagi yang suka camping. Selain agak luas juga ditumbuhi rumput-rumput jadi tetep nyaman meski di tebing karang.

Tidak berapa lama kami sampai di tepi laut. AMAZING!! Yang kami temukan bukanlah pantai berpasir, atau tebing karang yang terjal, namun White Stone Beach!! Sepanjang pantai terdiri dari batu putih tanpa pasir sama sekali. Ini pengalaman pertama kami. Sungguh luar biasa! Pantai seindah ini tersembunyi dari keramaian.

White stone beach

Sebenarnya kami ingin berlama-lama di sini, namun semakin siang matahari semakin menyengat. Meski sudah menggunakan penutup kepala dan kain, kami menyerah. Ditambah lagi perbekalan air yang mulai menipis. Mau tidak mau kami harus beranjak dari sini. Tapi seperti sebelumnya, narsis dikit lah sebagai bukti bukan HOAX.

white stone 2

Petualangan di Pantai Kukup pun berakhir begitu kami menapakkan kaki dari pantai batu putih karena setelah itu kami langsung bergegas pulang. Oleh-oleh yang kami rekomendasikan dari sini adalah peyek rumput laut dan peyek undur-undur. Banyak pula sufenir dari kerang yang dirangkai menjadi beraneka macam kerajinan.

Sampai jumpa lagi bersama kami di Jogja Beach Adventure #3

6 thoughts on “Jogja Beach Adventure #2 : Kukup”

1. Saya di Kukup yang diincar adalah keripik dari olahan kepiting, udang, dan rumput laut. Di Jogja nggak ada yang jual, kalau ada pun kayaknya harganya nggak semurah di Kukup😀

2. Naluri petualangannya itu Lho Mas, terlihat dari mengikuti jejak jejak gazebo, dan akhirnya menemukan obyek wisata yg kereen… Naluri yg memang terasah dari sering biasa petualang sama mencari tempat yang tidak mainstream dikunjungi banyak orang…

1. hehehhe.. maklum mas, dari kecil kami dibesarkan di daerah bukit-bukit dan suka menjelajah sungai-sungai. Jadi kalau ada jejak-jejak yang menantang rasanya ingin menyusuri.🙂

Share your story with us