PP Praktis bersama KCB untuk warga Tresan Gede


Ini sebuah kisah beberapa bulan yang lalu. Dimana kita bisa berguna bagi orang lain.

pertolongan pertama
Dalam rangka pengurangan resiko bencana lahar hujan di bantaran kali Putih, aku diminta bantuan oleh temen-temen KCB (Komunitas Cerdas Bencana) untuk men-share materi pertolongan pertama bagi warga di Desa Tresan Gede, Salam, Magelang. Bermula dari perbincangan dengan teman SMA, Fauzi (aka Ucup) di Pameran 5th AMCDRR di Hotel Royal Ambarukmo, pada saat itu aku sedang jaga stand pameran PMI. Setelah pertemuan itu, berlanjut lah dengan planning pelatihan pertolongan pertama praktis untuk warga yang sudah dibicarakan sebelumnya.

Materi yang akan disampaikan disesuaikan dengan kemampuan warga yang masih awam dalam bidang medis. Maka dipilihlah materi praktis yang berhubungan dengan keseharian warga.

29 Oktober 2012, ketemuan dengan mas bro Dimas dari KCB membahas materi dan peralatan yang harus disiapkan. Berhubung materinya juga materi praktis maka alatnya juga yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari warga. Alat-alat medis yang disiapkan pun lebih sebagai pengenalan saja.

Setelah ngobrol-ngobrol secukupnya, berangkatlah ke balai desa di mana warga sudah berkumpul. Kenalan dulu sama timnya mas bro Dimas, sambil nunggu acara dibuka. Ngintip ke dalam, warganya sepuh-sepuh semua. Ini mana muda-mudinya? Haduh jadi grogi juga nih. Meleset dari perkiraan. hehehe

Jreng jreng! acara dibuka, aku pun di persilahkan memberikan materi yang sudah disiapkan. Awalnya warga kurang begitu antusias karena masih bersifat teoristik. Begitu masuk ke praktek, heboh dah semuanya.
Ada bapak ibuk yang sedemikian eksisnya. Ada simbah-simbah yang mereka-reka cara membalut. Ada yang nglipat-lipat pelepah pisang buat dijadiin bidai (atau spalk dalam istilah mereka).

Ketika di awal saling suruh siapa yang maju ke depan untuk jadi peragaan, di akhir pada berebutan praktek dengan alat yang tersedia. Menyenangkan melihat pemandangan ini.

Saat waktu pertemuan selesai aku mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan panitia dan peserta yang sudah mengajakku berbagi ilmu dan pengalaman. Ternyata sambutan mereka sangat indah. Suatu saat aku akan ke sini lagi batinku.

Share your story with us

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s