Ngalongisme : sebuah paham yang mendunia


 

Ngalongisme adalah sebuah paham pembenaran begadang (karangan saya sendiri). Di ambil dari kata Kalong yang berarti kelelawar. Salah satu makhluk nocturnal yang beraktifits pada malam hari dan tidur di siang hari.

kalong

Semasa hidupnya disadari atau tidak, setiap manusi pasti pernah begadang.  Dalam KBBI (kamus besar Bahasa Indonesia) be·ga·dang adalah berjaga tidak tidur sampai larut malam

. Entah karena sebuah tugas, pekerjaan, kebutuhan, maupun alasan-alasan lain yang membuat kita berjaga sampai larut malam.

Malahan dengan sistem belajar saat ini, justru banyak pelajar, mahasiswa yang menerapkan sebuah metode yang mengharuskan mereka untuk begadang. Metode tersebut adalah SKS.  SKS di sini bukan Satuan Kredit Semester seperti yang biasa di kenal, namun singkatan dari Sistem Kebut Semalam. SKS ini otomatis akan membuat pelakunya mau ga mau dan harus mau untuk begadang terus sampai yang dikerjakan selesai atau justru malah ketiduran.

Dalam ngalongisme terdapat beberapa pernyataan yang sudah sangat akrab di telinga. Di antaranya adalah :

  • Otak bisa berpikir lebih jernih ketika malam hari dibanding siang hari
  • Ketika kamu tidak bisa tidur di malam hari, sebenarnya kamu sedang bangun di mimpi seseorang
  • Kenapa saya begadang? Karena begadang bisa menambah cerdas
  • Kurang tidur hari ini bisa dibayar dengan tidur lebih lama besok.

Entah terbukti secara ilmiah atau tidak, namun pernyataan-pernyataan di atas dapat kita temui dalam banyak dialektika yang hampir sama.

Saking meluasnya begadang, bahkan sampai banyak situs, forum, media sosial yang mengabarkan tentangnya. Entah itu yang mendukung maupun menentang. Bagi para pelaku begadang, sampai ada akun-akun besar yang mengajak para KALONGERS untuk masuk dalam sebuah board untuk gobrol bareng. Akun2 twitter yang mention para followersnya yang masih bangun ketika malam sudah larut. Bahkan ada grupnya sekalian.

Nah, teman sejati penganut ngalongisme adalah KOPI, Cemilan, dan rokok bagi yang merokok. Barang-barang tersebut seolah tidak terpisahkan dari aktifitas begadang terutama dipercaya akan meredam rasa kantuk yang mengganggu aktivitas begadang mereka.

Bagi penulis pribadi, begadang adalah pilihan. Namun ketika kamu meilih untuk sering begadang, berhati-hatilah. Karena akan sangat sulit untuk merubah kembali jam biologismu.

Bagi para KALONGERS, Salam Begadang!!

8 thoughts on “Ngalongisme : sebuah paham yang mendunia”

Share your story with us

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s