Simple Emergency Kit untuk Kegiatan Outdoor


Melakukan kegiatan di alam bebas sangat menyenangkan. Menikmati sejuknya udara pegunungan, gemericik aliran sungai, deburan ombak, dan hembusan angin lembah. Oleh karena itu, banyak muncul destinasi (tujuan) wisata alam bebas. Baik yang sudah dikelola dengan baik maupun yang katanya masih “prawan”

Ketika melakukan kegiatan di alam bebas, persiapan adalah hal yang mutlak dilakukan. Mengapa? Karena kita akan berhadapan langsung dengan sesuatu yang liar dan sulit untuk diterka. Selain perlengkapan pada umumnya, perlengkapan darurat jga perlu disertakan. Ini sebagai antisipasi terhadap kemungkinan kejadian yang di luar perkiraan kita.

Di sini saya akan sedikit berbagi tentang Emergency Kit yang perlu kita siapkan.  Emergency kit (lebih sering disebut survival kit) yang saya sampaikan di sini hanya yang simple dan mudah didapat saja, mengingat untuk perlengkapan yang benar-benar komplit mahal dan di beberapa daerah susah untuk didapat. So, Here we go!!!

API dan Penerangan
Korek api (gas, matches (korek api kayu), Doan magnesium). Lilin yang sudah dipotong2. Senter (kalau membawa senter selalu bawa juga baterai dan bohlam cadangan)
AIR dan makanan
Water bag yang lunak atau kantong plastik yang tebal, Penjernih air (misal Halozone tablet), Karbon aktif (Norit), minimal 2 set alat pancing (tanpa joran cukup kail(ditempatkan di tabung plastik), pemberat, kayu apung, senar),
Navigasi dan pembuat sinyal
Kompas, Cermin, peluit
Obat-obatan
Antibiotik, Bandage (perban, plester, Iodine), pereda nyeri (antalgin, asam mefenamat),
Alat Serba guna
Pisau, benang nilon, peralatan jahit (jarum (gesek2an dengan magnet, kalau suatu saat butuh kompas darurat bisa digunakan, benang), Lup (lensa cembung),Peniti, 2 lembar alumunium foil,lem bakar

Perlengkapan di atas bisa ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan. Yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan Emergency Kit adalah kita harus paham apa yang dibutuhkan dalam kondisi darurat. Api, air, navigasi,makanan, obat,membuat tempat perlindungan adalah beberapa di antara kebutuhan dasar dalam situasi bertahan hidup. Begitu kita paham, maka kita akan tahu peralatan apa saja yang kita butuhkan.

Sedikit saran, selalu siapkan lebih dari 1 macam dari masing-masing kebutuhan serta siapkanlah peralatan yang memiliki fungsi lebih dari satu. Sekiranya cukup ini dulu. HAPPY DOING OUTDOOR ACTIVITY!!!!

Share your story with us

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s