Bila DirectX 10 for XP error dan harus di uninstall


Bagi para Gamers mengupdate directX terbaru adalah sebuah kewajiban. Karena banyak games baru yang membutuhkannya. Namun terkadang kita tertipu bahwa setiap system operasi ada batas versi directX nya.  Misal Windows Xp, System operasi ini maksimal berjalan dengan directX versi 9.0c. Namun bila kita searching di internet, banyak beredar DirectX versi 10 dan 11 for XP. Anda tergiur?

DirectX versi 10 dan 11 diperuntukkan windows vista dan windows 7.  Logikanya tidak bisa berjalan dengan sempurna di XP, tapi ada juga yang mengatakan bisa. Bagi yang selama penggunaan directX 10 for XP bermasalah dan ingin menguninstall, JANGAN DI UNINSTALL PAKSA!!!

Mungkin ada beberapa tutorial yang mangatakan Anda bisa menguninstall nya dengan cara  menghapus

HKeY_LOCAL_MACHINE > Software > Microsoft > DirectX

dan setelah itu mereinstall directX 8.1 bawaan XP. Tapi yang terjadi seringkali file-file dari directX10 masih ada dan justru membuat system Anda bermasalah. salah satu contohnya adalah munculnya pesan

the procedure entry point DdEntry10  could not be located in the dynamic link library DDRAW.dll

Selain itu ada juga kemungkinan terjadi error saat menginstall directX 9.0c. Filenya terintall tapi ketika kita check di DXDIAG, yang terpajang masih versi 8.1. Pengalaman ini saya alami sendiri. Dan setelah beberapa kali error dan searching akhirnya saya menemukan solusinya.

  1. Download dulu DirectX Happy Uninstall, ada juga yang menyarankan DirectX eradicator, tapi berdasar pengalaman DHU lebih bagus. Untuk XP DHU 3.97 sudah cukup.  Bisa di download di SINI . Di dalamnya sudah ada cracknya jadi langsung Pro.
  2. Setelah DHU di install, Jalankan DHU 3.97.  pilih menu Backup/Repair
  3. Rollback dulu ke directX 8.1 atau bawaan asli Windows. Di Sini jangan lupa sediakan CD Windows XP Pro Anda karena nantinya akan digunakan untuk meRollBack.
  4.  Setelah selesai mengcopy, DHU akan meminta Anda untuk mengeluarkan CD Windowsnya dan memulai Rollback.
  5. Selesai meRollBack, RESTART
  6. Setelah system di restart,  jalankan DHU, pilih menu Backup/Repair lagi. Kemudian pilih menu Install DX 9.0c to Windows XP (SP 2 +)
  7. Buka file DXSETUP.exe DirectX 9.0c yang sudah Anda ekstrak. Redistribute Juni 2010 atau yang 2008.
  8. Ikuti perintah sampai proses Instalasi selesai. Kemudian komputer akan restart sendiri.
  9. Setelah komputer berjalan normal, jalankan RUN > DXDIAG dan check versi directX Anda. Selamat sekarang komputer Anda sudah terinstall directX 9.0c

Semoga yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semua.

Keep Blogging keep in Touch be SMART!!

13 thoughts on “Bila DirectX 10 for XP error dan harus di uninstall”

    1. waduh bro…. coba dirimu cari di linik yang laen….
      kadang memang program2 yang bukan dari vendor gede sering kedetect trojan padahal bukan.
      yah kayak Keygen ma crack

  1. Gan saya sudah terlanjur uninstall directx pake direcxt eradicator ,trus pas mw install directx yg baru 9 0c malah ga bisa.buka dxdiag juga ga bisa. ampe game saya juga ga bisa dibuka…tolong dibantu gan awalnya ane mw ganti versi 10 ke 9 oc. thanks

    1. coba agan Rollback dulu DirectX nya ke versi 8.1 pake DHU… kalau belum di Rollback ga bakal bisa install DirectX 9.0c karena tidak ada file utama. DirectX 9.0c hanya update saja bukan master filenya.
      intinya, kalau agan ikutin step by stepnya bener pasti berhasil install DirectX 9.0c nya. DXDIAG ga bakal bisa dibuka kalau di windows agan tidak ada DirectXnya.

      saran ane nih, ulangin stepnya dari pertama pake DHU
      dicoba dulu ya gan… semoga berhasil

  2. mas klo udah terlanjur di uninstal pake eradikator gmn?? soalnya jadi ga bisa install directx 9 nya.awalnya saya pake directx 10. saya pake XP..tolong dibantu yah..masa saya harus install os baru…

Share your story with us

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s