Pentingnya Sejarah dalam sebuah Gerakan dan Organisasi


Dalam sebuah organisasi maupun perkumpulan, sebuah sejarah dan kisah di balik berdirinya organisasi itu sangat penting. Seperti yang pernah digelorakan seorang Ir. Soekarno dalam pidatonya tanggal 17 Agustus 1966 yang berjudul  “JAS MERAH!” Ya! JAS MERAH adalah akronim dari kalimat Jangan sekali-sekali melupakan sejarah.

Yang harus diingat dari sebuah sejarah bukan hanya tanggal, bulan, tahun, dan jam terbentuknya organisasi. Namun harusnya lebih dari itu. Sejarah di balik  orang-orang yang mempelopori gerakan tersebut, tentang tujuan awal berdirinya, semangat dan ikatan yang membuat gerakan itu terus berkembang, serta bagaimana gerakan itu berubah dari waktu ke waktu.

Mengetahui dan memahami dinamika yang terjadi dalam sebuah gerakan akan membuat kita dapat menentukan sikap kita ke depan. Apakah akan meneruskan atau merubahnya. Serta akan membantu kita ketika menemukan sebuah permasalahan dan polemik dalam gerakan tersebut.

Pada dasarnya sejarah tidak akan terulang dengan detail yang sama sekali sama. Namun, pengulangan dalam bentuk pola, pendorong, dan dinamikanya sangat mungkin terjadi. Oleh sebab itu, memperkaya referensi dari dinamika yang sudah dan sedang terjadi adalah sangat penting.

Melihat yang terjadi pada saat ini, ahistoris atau tidak mengetahui dan tidak terhubung dengan hal-hal yang pernah terjadi menjadi sangat umum. Dikarenakan penekanan bahwa seseorang harus terus melihat ke depan dan bersikap futuristik.

Padahal, tidak semua yang ada pada masa lalu harus ditinggalkan sepenuhnya. Justru di sana terdapat banyak sekali hal yang dapat diimplementasikan pada masa sekarang ini. Yah tentunya dengan modifikasi dan penyesuaian.

Ambillah contoh Borobudur dan Piramida, Madinah pada era ke khalifahan, Majapahit, Sriwijaya. Borobudurdan Piramida adalah bangunan-bangunan yang sangat indah dan megah dengan nilai seni dan ideologi serta nilai moral yang sangat tinggi. Dibangun pada masa di mana semua hal dikerjakan secara manual. Di balik banyaknya korban jiwa yang jatuh, desain dan struktur bangunan yang tahan ratusan bahkan ribuan tahun adalah sangat tinggi. Oleh sebab itu keduanya masuk dalam keajaiban dunia.

Madinah, pernah menjadi sebuah kota yang menjadi sorotan tentang toleransi dan sumber referensi bagaimana kehidupan masyarakat sangat tertata dan hukum ditegakkan.

Tentu Majapahit dan Sriwijaya belum hilang dari ingatan kita. Sebuah potret dari kebesaran bangsa kita.

Tapi jangan lupa juga tentang sejarah yang dikatakan negatif oleh banyak kalangan. Tragedi Chernobyl, Tiananmen, Semanggi I-II, MEI 1988, berbagai GENOSIDA, bencana besar. Peristiwa-peristiwa tersebut sering dilupakan dan dipaksakan untuk melupakannya karena ketakutan-ketakutan dan menyimpan duka yang sangat mendalam. Padahal dari peristiwa-peristiwa tersebut banyak hal yang bisa dipelajari agar peristiwa tersebut tidak terjadi lagi walau dengan format berbeda. Dan kita juga bisa belajar, bagaimana cara menanganinya agar jika sudah terjadi.

JAS MERAH!! Jangan sekali-sekali melupakan SEJARAH!!

Share your story with us

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s