Catatan Perjalanan MyQpala(tegalpanjang-papandayan)


Catatan Perjalanan MyQpala… versi el_vierda


30 desember 2009
14:00 brangkat dari rumah naik bus menuju ke rumah kang raddith
15:00 sampai di wirobrajan… berhubung males naik bus dan kebetulan janjian ma kang raddith jam 5 an… yasud… jalan kaki dari wirobrajan menyusuri ahmad dahlan-malioboro-kridosono
16:00 mampir di warung dekeet rumah kang raddith…
16:4x kang raddith akhirnya dateng.. pas mau mbayar eh ama ibu yang jualan ditolak… “sebenere ibu juga dah tutup kok de”‘ gitu katanya hehehe
17:00 – 20.xx istirahat di tempet kang raddith sambil menanti pinjmen kamera dari bosnye…
20:45 kereta ga ku jung datang ternyata eh ternyata train dispatcher nya bilang kereta telat mpe jam 21:48 huaaaa!!!!

31 desember 2009
09:xx setelah hampir 12 jam perjhalanan di KA Kahuripan yang melelahkan dengan disertai kaki keinjek2 pedagang keliling yang bersliweran dan ngopi pada pagi2 serta pemandangan yang mayan bagus dan bisa melihat satu2nya bintang di Ciamis sampailah di KIARA CONDONG!!!! ASEK!!!!!
11:xx naik elf jurusan cicaheum menuju rumah kang RP.. sesampainya di sana ternyata sudah ada kang Aoe… kemudian beberapa jam kemudian RDH menyusul… setelah bercengkerama agak lama akhirnya kita pulas…

1 Januari 2010
2:30 si putih bersama 5 orang kru nya (urvan, zakiya,chy,na e,liya) sampai di tempat kang RP detelah terjebak kemacetan tahun baru….. dengan segala kegaduhannya… aku terbangun tapi pura2 ga denger aje…
6:xx setelah packing, dan sarapaan… nyang ikhwan doang keknya… brangkat naik damri ke Leuwi Panjang …
di sana kita ketemu ma uink,abah_anom, ajie2,safwan nyang tergopoh2 dengan cerita tenda ilang… dideketin deh ma mamang nyang nawarin elfnya… dah deal tapi masih nunggu kang didi…. setelah ditunggu aga lama kang didi muncul barengan ma bunda, abah n Rinduly yang dengan berat hati ga jadi ikut HAHHAHAHAH!!!! kemudian brangkat menuju pangalengan… setelah ada insiden setruman toilet ditambah lagi kang raddith yang mabok sampailah di cibutarua…
12:00 shalat jumat di Cibutarua… HUAAAA!!!! khatibnya full make bahasa SUnda… pi untung masih da yang ngerti dikit2 ( pada saat ini yang akhwat bilang klu mereka bertanya2 nyang bukan dri bandung pada ngerti ga ya en tertawa2… )
13:xx setelah makan siang kita pun brangkat… nyang pertama salah jalan… kemudian balik lagi…. sampailah ke dusun papandayan… istirahat sebentar di masjid… jalan lagi.. eh di tawarin naik mobil ke kawah… pi tetep jalan… beberapa kali sampai di banyak persimpangan yang menyesatkan… dengan pilihan yang salah2 kita justru sampai di atas bukit menuju ke kawah….
16:5x di atas bukit ketemu akang Ujang Enis nyang mau ke Tibet (tegal), dia berkata kalu kita salah jalan n menunjukkan jalan agar berpatok ke saung nyang warna orange di situlah Muara Cikulaiti yang pernah di omongin sang penjual warung di cibutarua berada… karena kang Ujang bilang Insya Allah sampai, aku ma Abah Anom percaya.. dia juga bilang kadang emang ada yang nunjukkin jalan yang salah…. di jalan menuju muara cikualiti ketemu orang yang bilang salah jalan lagi… tapi setelah memutuskan akhirnya kita tetap berpatok pada petunjuk ujang enis…
17:xx sampailah di muara cikulaiti…. setelah ngobrol2 dengan akang2 petani di sana kebetulan ada seorang yang sejlan dan dia tahu arah ke tegalpanjang… kita brangkat!!! ditengah jalan karena sudah gelpa banget sang mamang mohon diri karena ga bawa penerangan… dia berpesan supaya kita mengikuti rute yang ada tali2 rafia yang udah adipasang para pendaki sebelum nya… dalam kegelapan malam dan karena terlalu banyak suara2 akhirnya banyak yang sebenere depress, akhirnya abah anom di daulat sebagai tracker karena beliau langsung ngetrack klu bingung ga bilang2 pi disuruh nunggu dulu,dia nyari jalur…
22:xx karena sudah kecapaian kita akhirnya ngecamp di tengah hutan..(untungnya campnya deket sungai yang bersih dan menyegarkan)

2 Januari 2010
08:xx setelah sholat, sarapan,n repacking kita brangkat…
10:xx sampailah di tegal panjang !!!! ketemu deh ama rombongan dari bandung yang sudah tiba dari kmaren… raddith, aoe, RDH langsung menuju ke tengah padang lalang n bikin kopi di sana.. aku ma urvan kemudian menyusul.. kita bikin oatmeal+susu coklat bubuk+bubur bayi nikmat!!!! abdul haadi menyusul ke padang n pamitan… setelah menimbang2 masukan kanan kiri atas bawah akhirnya RDH turut serta berpamitan … bertiga ma ajie2 mereka ngikut rombongan dr bandung balik ke cibuitarua…
13:xx kita shalat duhur + kultum+ ta’arufan berhubung pada belum kenal eh ada 4 orang yang masih ngutang ta’aruf!!!! zakiya, ka liya, aoe, ma urvan!!!!!
17:4x ketika yang lain sedang masak2 dll… vierda, abah anom ma safwan sedang meniti jalur dengan melihat peta kontour dan kompas.. kemudian menyusul kang didi… setelah nembak 2 gunung yang kelihatan kita akhirnya bisa menentukan jalur yang akan di lewati dan tidakj jadi bareng ma bapak2 penebang kayu yang sore tadi berjumpa…. namun ditengah diskusi jalur terjadi sebuah FLATUS yang menyesakkan nhidung ….. bubar deh… salut buat abah yang asempat bikin rute sedeharna berdasar peta kontour….

3 Januari 2010
6:xx setelah ngecamp di tegal panjang disertai makan2, bikin api unggun yang ga jadi2… ngopi, nyusu, shalat,packing n nge-BLOK!!!! kita berangkat… masuk ke hutan…. mendaki gunung… naik turun puncak satu ke yang lain… ke sallip rombongan penebang yang maren ketemu…. istirahat beberapa kali… skalian aku ma abah yang berfungsi tracker melihat lagi track yang harus dilewati… foto2… makan2… sampailah di puncak walirang… di sini istirahat dhuhur, masak2, telpon2, sms-an, on-line…
13:xx melanjutkan perjalanan…. sampailah di persimpangan pondok saladah – kawah emas… langsung ambil rute ke kawah emas. di sini ketemu beberapa rombongan lain… di jalan ketemu sebuah track menuju ke bawah karena ragu2… aku ngecheck jalan lebih jauh ke depan… di sono ternyata jalan gede nya terputus sungai.. namun ada track ke bawah yang kliatannya barusan dilewati motor trail… aku ngetrack sampai ke sungai eh ternyata jalan yang bener… akhirnya bilang ke yang di atas via teriak hehehe… foto2 d sungai… dan sedikit vandalism ( maap kan daku wahai batu ) ) melewati jalan dengan bau belerang yang semakin menyengat ketika semakin dekat dengan kawah… ketemu dengan turis yang brangkat dari camp david, kertemu pengendara motor trail yang naik jalur sepanjang kawah dengan motor … foto2 di area kawah…. sampailah di camp david…
setelah menjalankan perjanjian berkelahi dengan Nae ketika sampai di bawah… dan istirahat secukupnya kita naik mobil bak terbuka bareng ma rombongan dari jakarta menuju cipanas, rombongan dari jakarta turun di simpang tiga menuju cisurupan, kita belok kiri terus sampai di kolam air panas.. menikmati hangatnya air alam dan diguyur gerimis….


17:xx brangkat menuju cisurupan…
17:4x sampai di cisurupan, makan di RM padang, kemudian da yang nawarin mobil carteran ke bandung.. setelah menimbang banyaknya muatan dan harga nya… akhirnya lebih memilih naiki bus ke cicaheum @10.000….
22:xx sampailah di cicaheum.. langsung menuju ke rumah kang RP… cerita2, ngopi2, akhirnya terkpar!!!!

4 Januari 2010
02:20 bangun setelah alarm berbunyi,… masak mie, bikin susu, sahur… ( nyang diminta bangunin buat sahur ternyata masih terkapar di kamarnya)
04:xx shubuhan di masjid terdekat… setelah dengan susah payah membangunkan kru yang lain…
08:xx sepanjang pagi nonton kartun mandi dsb… akhirnya kang didi dateng bersama si item….
09:xx brangkat ke kawasan DT menuju rumah kang rudi buat burning foto2.makan2 di warung makan terdekat, chy, nae,zakiya pergi mnuju ke warung seorang MyQers bandung….
11:xx mwnuju ke Cihampelas … Ci-walk…
12:xx sholat dhuhur di ci-walk… akhirnya dari MyQpala berubah menjadi MyQ Shopping jalan di mall heheheh….. keluar ci-walk keluar masuk toko… makan2 ( kecuali aku) …. teringat kata chy yang pagi nya dah sarapan nasi kuning pas mau beli batagor “yang tadi pagi kan cuman ngemil…” Fiuh ngemil kok sebungkus nasi T_T…..trus kata zakiya “wah bandung makanannya banyak banget, ga mau dah gue dapet suami orang bandung ntar makan mulu”
15:xx nganterin raddith dkk menuju St Hall…. si item dan kru dari kartika sa*i langsung ke rumah kang RP… setelah pada ngumpul di t4 kang RP akhirnya pada bubar semua…yang tertinggal cuman kang radiith sebagai penjaga rumah kang RP yang juga pergi,
16:xx si putih n crew menuju jakarta …. si item ( kang didi, abah anom, safwan, vierda, aoe) menuju berbagai arah… aoe turun di caheum naik bus menuju leuwi panjang –>> bogor, si item melanjutkan menjemput bunda nya kang didi di xxxxx, vierda akhirnya turun di area pasteur…setelah mennyampaikan petuahnya, bunda kang didi bersama si item n crew pergi… tinggal vierda sendirian.. di perempatan nanyan polisi jalur terdekat menuju sukajadi… (sebenre dah di petuahij sama bunda kang didi pi nyari shortcut) kata pak pol klu mo jalan kaki sih cuman sekitar 300-400 m akhirnya jalan kaki menuju rumah kakak sepupu….
16:45 sampai di rumah sepupu…ketemu ama bundanya, lalu istrinya… ama de zahra yang ternyata dah di PAUD!!!! lama juga ga ketemu…
17:05 kakak pulang kerja… ngobrol… buka puasa…. shalat… ngobrol.. dikasih opsi mo nginep apa langsung…. setelahmenimbang berbagai hal alhirnya ntar langsung balik…
19:xx brangkat menuju Kircong….
19:50 sampai, beli tiket…. ternyata banyak juga yang naik kahuripan sampai2 ga dapet t4 duduk…
20:xx kereta telat lagi…. 1 jam…..sampai di kebumen bru dapet t4 duduk… mayan lah… meski tempat duduknya agak basah karena bocor…

5 Januari 2010
06:05 sampai di lempuyangan jogja…istirahat sebentar… minta obat flu ke pos kesehatan di stasiun…
07:xx naik bus…. menaruh barang2 perkap ke basecamp… istirahat…
15:45 langsung di suruh tanding FUTSAL T_T lemes dah…

beberapa kejadian baik gosip maupun fakta yang terungkap selama perjalanan..
+ ada beberapa kejadian yang ga dinyana2…. kek anjing si mamang penunjuk jalan yang ngikutin abah anom setelah dikasih makan…..
+ munculnya isu menyusul jejak abah anom yang menikah setelah pendakian….
+ kakiku yang sakit2 di pukulin ma Cichy n Nae selama dalam perjalanan…
+ abah anom GA JADI memfasilitasi makan2 di tegal panjang kek nyang dah britahukan di BIKEL…. padahal kan aku ngikut nyatroni di BIKEL huh….
+ urvan ma safwan cedera kakinya….
+ ternyata urvan ma safwan ga bisa berenang!!!!! terbukti ketika di kolam renang cipanas…
+ chy ma nae duo dudul yang ngeyelan di suruh maem…..
+ muncul istilah roommate bagi teman bobo 1 tenda….
+ seseorang kambuh sakitnya….
+ si zakiya yang terus bilang “jorok” tiap kali denger aku, raddith, aoe, etc ngomong pakai bahasa Jawa…
+ etc lah pokok e….

One thought on “Catatan Perjalanan MyQpala(tegalpanjang-papandayan)”

Share your story with us

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s